Pages

Tuesday 1 April 2014

Merawat flasdisk



     Flashdisk salah satu alat penyimpanan data yang semakin hari semakin populer dan bisa dibilang menggeser peranan floppydisk atau yang biasa kita sebut dengan Disket. Sebenarnya Flashdisk dan disket memiliki fungsi yang sama, hanya saja flashdisk biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar dibanding disket. Jika sebuah disket mampu hanya menyimpan data sebesar
1.44 MB maka sebuah flashdisk mampu menyimpan berapapun data tergantung dengan berapa kapasitas flashdisk tersebut bahkan semakin modern nya zama flashdisk ada yang berkapasitas 1 Tb atau 1000 Gb.
     Selain kualitas, mahal tidak nya flashdisk juga tergantung denga kapasitas yang tersedia, semakin besar kapasitas.nya semakin mahal pula harganya. Harga flashdisk cenderung menurun dibanding dulu ketika pertama kali diluncurkan. Tapi harga sebuah flashdisk tidak bias dikatakan murah. Biar flashdisk kita tidak mudah rusak, benda yang biasa berukuran kecil dan berwarna lucu ini juga harus di rawat. Bukan  Cuma karena harganya yang relatif mahal tapi juga agar data-data penting yang tersimpan di dalamnya lebuh aman .

Berikut ini ada tips bagaiman merawat dan menggunakan flashdisk dengan benar, antara lain:


1. Jauhkan dari medan magnet 
     Barang-barang elektronik seperti tv dan handphone sangat tidak baik untuk flashdisk. Untuk itu jangan pernah menyimpannya di dekat barang-barang sejenis yang memiliki kekuatan magnet besar. Terkadang kita sering lupa jika meletakkan flashdisk dan handphone di tempat yang sam dalam tas.
 

2. Jangan terkena air
    Meski ada beberapa merek yang mengklain waterproof, menjauhkan flashdisk dari sentuhan airtetap saja menjadi langkah yang paling aman.

3. Virus scan
    Saat pengambilan data atau pemindahaan dari PC ke flashdisk, sangat mungkin bukan hanya data yang ikut berpindah tapi juga virus-virus yang terdapat dalam komputer. Apalagi kalu kita mengambil dan menyimpan data dari internet, flashdisk anda bisa di penuhi virus-virus pengganggu. Makanya, jangan lupa utnuk melakukan scan virus secara berkala dengan software anti virus yang tersedia.

4. Proses eject atau stop
    selalu melakukan proses eject atau stop sebelum mencabut flashdisk dari port USB. Selain bisa menjadikan flashdisk rusak tidak melakukan proses eject atau stop juga dapat mempengaruhi file-file data yang anda simpan di dalamnya.
  
5. Jauhkan dari tempat panas
    Semua barang elektronik tak terkecuali flashdisk sangat rentan dengan yang namanya panas. Apalagi terkena sinar matahari langsung. Jadi usahakan tidak menyimpan di tempat yang panas dan terkena sinar matahari langsung. Misalnya seperti meninggalkan flashdisk di mobil.

6. Hindari benturan keras
    Coba anda darimlantai 12! Anda pasti kesakitan (hehe). Begitu juga flashdisk. Jadi jagalah flashdiskanda baik-baik dari benturan keras.

7. Tutuplah selalu
     Udara dan lingkungan kita penuh dengan debu dan kotoran. Jika socket flashdisk kita kotor maka dapat mengakibatkan proses baca tulis sering gagal. Makanya selalu tutp flashdisk anda biar tidak kotor.

8. Minimalisir proses hapus tulis
     Sama seperti kita, flashdisk juga memiliki usia. Artinya suatu saat flashdisk kita bisa mati dan tidak bisa digunakan lag. Usia flashdisk berbeda-beda tergantung kualitas dan merk dariflashdisk itu sendiri. Biasanya usia flashdisk antara 10.000-100.000 kali proses hapus tulis. Jadi usahakan untuk meminimalisir proses tersebut dan juga mengedit langsung dari flashdisk

Demikian tips Merawat flashdisk dari saya. Semoga bermanfaat utuk agan” .
Jangan lupa tinggalkan comment dan jangan lupa mampir ke My Blog lagi.. :-D
 

No comments:

Post a Comment

mohon comment yg bijak dan sopan...